K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X Resmi Membuka Surakusuma Mangkunegaran Art Garden

K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X Resmi Membuka Surakusuma Mangkunegaran Art Garden
K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X memberikan sambutan pada pembukaan Surakusuma

Sabtu (29/6), Pracima Mangkunegaran dan Tumurun Musuem berkolaborasi dalam menggelar pameran karya seni trimatra di Pracima Tuin, Pura Mangkunegaran yang bertajuk “Surakusuma Mangkunegaran Art Garden.”


Pameran dibuka secara langsung oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkoenagoro X yang dihadiri oleh seniman yang terlibat dan para tamu undangan. “Surakusuma menurut saya merupakan suatu karya yang luar biasa” ucap K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X dalam sambutan pembukaan pameran. Lebih lanjut, beliau memuji hasil kerjasama dan kolaborasi antara Pracima Mangkunegaran dengan Tumurun Museum.


Acara yang berlangsung sore hari itu juga menampilkan pertunjukan seni berupa tari gambyong, tari ballet, dan juga iringan gamelan sepanjang acara. Setelah pameran resmi dibuka, Hendra Himawan, kurator pameran, memimpin tur kuratorial bersama K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X dan para tamu. Selama tur kuratorial berlangsung, kurator menjelaskan tentang karya seni yang dipajang selama pameran berlangsung.


Surakusuma Mangkunegaran Art Garden menghadirkan karya seni dari seniman Gabriel Aries (Indonesia), Faisal Habibie (Indonesia/German), Alicja Kwade (Polandia/German), Aditya Novali (Indonesia), Wedhar Riyadi (Indonesia), Ugo Rondinone (Swiss), Alex Seton (Australia), Gregorius Sidharta (Indonesia), Bernar Venet (Perancis), Rita Widagdo (Indonesia), dan Yunizar (Indonesia). Seniman yang berasal dari berbagai negara merupakan implementasi Mangkunegaran sebagai ruang publik yang moderat dan demokratis, dimana budaya Timur dan Barat dapat bertemu.


Karya seni trimatra dari berbagai seniman nasional dan internasional ini dapat dilihat untuk publik hingga tanggal 29 Juli 2024. Sepanjang kegiatan pameran, juga akan diselenggarakan beragam kegiatan kebudayaan yang terbuka untuk umum dalam rangka memeriahkan pameran di antaranya adalah tur kuratorial, sarasehan bersama seniman, dan lokakarya.


Lainnya yang serupa