Tur Kuratorial Surakusuma Mangkunegaran Art Garden

Tur Kuratorial Surakusuma Mangkunegaran Art Garden
Para peserta menyimak penjelasan kurator Hendra Himawan

Sabtu (6/7), Tur Kuratorial Surakusuma Mangkunegaran Art Garden diselenggarakan secara terbuka untuk pengunjung pameran karya seni trimatra di Pracima Tuin, Pura Mangkunegaran.

Hendra Himawan, kurator pameran, memandu langsung jalannya tur kuratorial yang berdurasi kurang lebih selama 60 menit per sesinya yang terdiri dari sesi sore dan malam hari. Meskipun di bawah langit sore yang mendung, peserta pada sesi sore hari tetaplah ramai.


Di awal sesi tur kuratorial, Hendra Himawan mengingatkan kepada seluruh peserta agar tidak terlalu sering menatap layar gawai mereka sehingga interaksi kurator dan peserta dapat tercipta dengan baik. “Kalo sesekali pegang handphone buat dokumentasi ya boleh, nanti kalo tidak dokumentasi saya tidak viral,” ucap Hendra Himawan dengan nada bercanda.


Hendra Himawan mengajak seluruh peserta tur kuratorial untuk melihat lebih dekat satu per satu karya seni trimatra dan menjelaskan maknanya. Karya-karya tersebut berasal dari seniman nasional dan internasional yang berasal dari Australia, Jerman, Polandia, dan Swiss. Berkumpulnya karya seniman nasional dan internasional merupakan implementasi Mangkunegaran sebagai ruang publik yang moderat dan demokratis, dimana budaya Timur dan Barat dapat bertemu.


Selama tur kuratorial berlangsung, peserta tur kuratorial menyimak dengan antusias penjelasan karya seni trimatra yang dipajang dalam pameran kolaborasi Pracima Tuin dengan Tumurun Museum. Keantusiasan tersebut tercermin di sesi tanya jawab pada akhir tur kuratorial dengan banyaknya peserta yang ingin bertanya.


Tur Kuratorial Surakusuma Mangkunegaran Art Garden merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memeriahkan Surakusuma Mangkunegaran Art Garden yang digelar dari tanggal 29 Juni hingga 29 Juli 2024.

Lainnya yang serupa