Memperingati HUT RI ke-79, Mangkunegaran dan Antara Menggelar Pameran Foto Jurnalistik KUNOKINI 2024

Memperingati HUT RI ke-79, Mangkunegaran dan Antara Menggelar Pameran Foto Jurnalistik  KUNOKINI 2024
Penandatanganan Poster Pameran Sebagai Pembukaan Pameran Secara Simbolis

Selasa (20/8), Memperingati HUT RI ke-79, Mangkunegaran berkolaborasi dengan Antara, Kantor Berita Indonesia, menggelar pameran karya foto jurnalistik bertajuk “KUNOKINI: Culture Future” dari tanggal 20 hingga 29 Agustus 2024 di Pura Mangkunegaran, Surakarta.


Pameran “KUNOKINI: Culture Future 2024” menampilkan 107 karya foto jurnalistik dari 12 pewarta foto Antara yang bertugas di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta di antaranya adalah Aji Styawan, Aloysius Jarot Nugroho, Andreas Fitri Atmoko, Anis Efizudin, Harviyan Perdana Putra, Hendra Nurdiyansyah, Idhad Zakaria, Makna Zaezar, Maulana Surya, Mohammad Ayudha, Oky Lukmansyah, dan Yusuf Nugroho.


“Diksi ini (Kunokini) dipilih untuk menceritakan Jawa Tengah dan Yogyakarta penuh dengan tradisi luhur, yang kuno tapi bisa dihubungkan atau dimodifikasi dengan berbagai inovasi,” tutur Ismar Patrizki, kurator pameran, dalam pengantarnya.


KunoKini.jpg

Dalam kesempatan yang sama, K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X hadir secara langsung membuka pameran KUNOKINI 2024 yang diselenggarakan di selasar Bale Sisworini, Pura Mangkunegaran.


“Dalam konsep KUNOKINI: Culture Future, saya menemukan benang merah antara Antara dan Mangkunegaran. Kita percaya jaman dulu itu bukan kono dan apa yang dianggap kuno itu di masa kini bisa menjadi aset mengembangkan diri kita masing-masing maupun daerah,” ucap K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X dalam sambutannya sebelum meresmikan pembukaan pameran.


Kolaborasi bersama dengan Antara merupakan bentuk Mangkunegaran untuk membuka diri dalam menggali, melestarIkan dan mengembangkan potensi kebudayaan.


Lainnya yang serupa