Merayakan Hari Anak Nasional 2024, Pracima Mangkunegaran menggelar Mangkunegaran Soiree Vol. V

Merayakan Hari Anak Nasional 2024, Pracima Mangkunegaran menggelar Mangkunegaran Soiree Vol. V
Tur Kuratorial Mangkunegaran Soiree Vol. V

Sabtu (27/7), Pracima Mangkunegaran menggelar Mangkunegaran Soiree Vol. V edisi Surakusuma Mangkunegaran Art Garden di Pracima Tuin dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2024.


Mangkunegaran Soiree Vol. V mengundang anak-anak dari Sekolah Dasar (SD) sekitar Pura Mangkunegaran untuk menjadi peserta. Mereka diajak untuk berkeliling Pracima Tuin melihat karya seni trimatra Surakusuma Mangkunegaran Art Garden dengan dipandu oleh Naomi, pendongeng cilik dari SMP Negeri 3 Surakarta.


“Halo! Ayo kenalan dengan Taman dan Patung! Kalian pernah dengar tentang patung taman? Di Jawa, taman dan patung telah menjadi bagian penting dari kebudayaan kita sejak zaman dulu”, tutur Naomi dalam membuka tur kuratorial yang akan ia pimpin.


Setelah berkeliling Pracima Tuin, para peserta langsung diarahkan untuk duduk bersila di pelataran rumput Pracima Tuin untuk menyaksikan penampilan beksan ballet dari Sanggar Kinarya Surya Sumirat dan musik instrumental dengan selingan dongeng oleh Balaruna, grup musik instrumental asal Bandung, Jawa Barat.


Acara yang berlangsung di sore hari menjadi sarana anak-anak untuk bermain dan belajar mengenai berbagai karya seni, khususnya karya seni trimatra. Sepanjang tur kuratorial, sesekali peserta kuratorial diberikan pertanyaan atau diminta untuk mengomentari kesan dari karya seni trimatra yang sedang dilihat. Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk merawat lingkungan melalui dongeng yang dibawakan oleh Balaruna.


Pada kesempatan ini, K.G.P.A.A. Mangkoenagoro X dan G.R.Aj. Ancillasura Marina Sudjiwo berkesempatan langsung untuk hadir di Mangkunegaran Soiree Vol. V sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan kebudayaan di Mangkunegaran. K.G.P.A.A. Mangkoenagoro dengan ramah melayani satu per satu peserta dan orangtua pendamping yang ingin berfoto bersama.

Di akhir acara, untuk menanamkan tanggung jawab dan kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan, anak-anak diminta untuk mengembalikan gelas ke tempat mereka mengambil minum dan membuang sampah pada tempatnya sebelum pergi meninggalkan Pracima Tuin.


Lainnya yang serupa